Boleh Hasad Dalam Dua Hal

Posted by Kafanal Kafi on Friday, March 14, 2014

Sifat hasad atau iri dengki merupakan sikap yang dilarang oleh agama Islam. Namun, tidak semua hasad itu dilarang. Ada dua hal yang kita diperbolehkan hasad yaitu hasad kepada orang-orang yang diberi kemampuan membaca al-Qur`an oleh Allah kemudian dia mengamalkannya baik diwaktu siang ataupun malam hari. Dan yang kedua kepada orang yang diberi harta oleh Allah kemudian ia infakkan ke jalan yang benar baik pada waktu siang atau malam.
Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh imam Muslim, Rasulullah SAW bersabda:

لا حسد إلا في اثنتين : رجل آتاه الله القرآن فهو يقوم به آناء الليل وآناء النهار ورجل آتاه الله مالا فهو ينفقه آناء الليل وآناء النهار في حقه


"Tidak diperbolehkan hasad kecuali dalam dua hal, yaitu (hasad kepada) orang-orang yang diberi kemampuan (membaca) al-Quran oleh Allah, lalu dia menegakkan (melaksanakan membaca) al-Quran baik diwaktu siang ataupun malam dan (hasad kepada) orang-orang yang diberi harta oleh Allah lalu dia infakkan baik diwaktu malam ataupun diwaktu siang kejalan yang hak." (HR.Muslim)

Nah, saudaraku! Silahkan kalian iri kepada mereka berdua dengan syarat iri kepada perbuatan mereka yang membaca al-Qur`an dan mentasharufkan harta ke jalan yang benar. Kalau hanya ngiri tanpa melakukannya, tentu sia-sia dan tanpa guna.

Kebanyakan, orang iri kepada orang yang pandai baca al-Qur`an dan memiliki banyak harta yang bisa mereka gunakan untuk meningkatkan amal ibadah, tapi justru banyak yang terjebak. Mereka pandai membaca al-Qur`an tapi enggan dan malas-malasan membacanya apalagi mengamalkannya. Dan tidak sedikit yang memiliki harta akan tetapi justru terlena oleh gemerlap hartanya sehingga lupa bahwa didalam hartanya ada hak orang lain yang mesti dibagi. Wallahu musta'an

Blog, Updated at: 6:29 PM

0 comments:

Post a Comment

Komentarlah dengan bijak :-)