Pesan Langit Untuk Wanita (1)

Posted by Kafanal Kafi on Friday, March 21, 2014

Pesan Langit Untuk Wanita
Pesan Langit Untuk Wanita

Allah telah memuliakan kaum wanita dengan berbagai kelebihannya. Kelebihan itu antara lain; berupa hak dan kewajiban. Dan betapa Allah SWT telah memuliakan kaum Hawa ini sampai dalam salah satu surat Al Qur`an terdapat surat yang bernama An-Nisaa`, satu surat lain yang bernama surat Maryam, surat yang merinci tentang hukum-hukum yang berhubungan dengan masalah kaum wanita yaitu surat At Tahriim, dan surat lain yang menjelaskan posisi wanita dalam masalah tasyri’ islami, yaitu surat Ath Thalaak, surat lain yang menjelaskan tentang penghargaan Allah kepada kaum wanita yaitu surat Al Mujaadilah dan kisah seorang perempuan yang mengadukan suaminya kepada Nabi SAW yang telah menzhiharnya.

Dalam memberikan jawaban atas pertanyaan dan aduan itu, Rasulullah SAW bersabda, “Aku tidak mempunyai jawaban atas aduanmu itu.” Namun perempuan itu menjawab, “Demi Allah aku tidak akan beranjak dari tempatku ini sampai Allah menurunkan kepadamu satu ayat Al Qur`an. Maka Allah kemudian menurunkan ayat, “Sesungguhnya Allah telah mendengar perkataan yang memajukan gugatan kepada kamu tentang suaminya, dan mengadukan (halnya) kepada Allah. Dan Allah mendengar soal jawab antara kamu berdua. Sesungguhnya Allah Maha Mendengar lagi Maha Melihat.” (QS. Al Mujaadilah:1)

Begitulah, Nabi SAW telah memuliakan kaum wanita sampai-sampai beliau memerintahkan kepada kaum suami untuk berlemah lembut kepada mereka dengan bersabda, “Berlaku lemah-lembutlah dengan para kaum Hawa.” Dan beliau SAW bersabda, “Di antara kalian yang lebih dekat denganku tempat duduknya di hari kiamat nanti adalah orang yang paling baik budi pekertinya terhadap keluarganya. Dan akulah orang yang paling baik kepada keluarganya.” 

Dan ketika datang kepada Beliau utusan kaum wanita sambil berkata, “Apakah semua panggilan (dalam Al Qur`an) adalah untuk kaum laki-laki? Tidak adakah bagi kaum wanita panggilan untuk mereka?” maka turunlah firman Allah, “Sesungguhnya laki-laki dan perempuan yang muslim, laki-laki dan perempuan yang mukmin, laki-laki dan perempuan yang tetap dalam ketaatannya, laki-laki dan perempuan yang benar, laki-laki dan perempuan yang sabar, laki-laki dan perempuan yang khusyu’, laki-laki dan perempuan yang bersedekah, laki-laki dan perempuan yang berpuasa, laki-laki dan perempuan yang memelihara kehormatannya, laki-laki dan perempuan yang banyak menyebut (nama) Allah, Allah telah menyediakan untuk mereka ampunan dan pahala yang besar.” (QS. Al Ahzaab: 35)

Blog, Updated at: 12:17 AM

0 comments:

Post a Comment

Komentarlah dengan bijak :-)