Seri Cerita Anak : Keledai Berbaju Harimau

Posted by Kafanal Kafi on Saturday, March 22, 2014

Keledai Berbaju Singa
Ilustrasi: Keledai Berbaju Harimau
Pada suatu ketika, terdapat seekor keledai yang sedang berjalan kesana kemari di hutan belantara. Tiba-tiba ia mendapatkan sepotong kulit harimau;  dimana para pemburu membentangkannya di tanah agar mengering. Tanpa pikir panjang, keledai itu segera mengambilnya dan memakainya agar nampak seperti harimau. Kemudian keledai itu pun berjalan dengan keangkuhannya dengan pakaian barunya hingga ia sampai pada sebuah perkampungan. Ketika para penduduk melihatnya, maka mereka lari ketakutan dan mengira bahwa yang datang itu adalah harimau sungguhan. Mereka pun berhamburan kesana kemari untuk menghindarkan diri darinya.

Melihat situasi dan kondisi seperti ini, maka keledai itu pun seringkali tersenyum dan merasa sangat gembira. Karenanya ia pun berlalu lalang diperkampungan tersebut, di antara persawahan dan perkebunan penduduk dengan segala keangkuhannya serta membanggakan kekuatannya. Harimau palsu itu memakan semua makanan yang dijumpainya tanpa ada yang berani menghalanginya karena merasa takut dengan kekuatan dan kebengisannya.

Dalam keangkuhan dan kebanggaannya terhadap dirinya, maka keledai itu meringkik. Sebab dalam ringkikan tersebut ia menemukan kenikmatan yang tiada terkira. Sebelum dapat menyempurnakan suara ringkikannya, para penduduk segera mengetahui bahwa binatang yang berbaju harimau itu adalah keledai. Akhirnya mereka pun merasa tenang setelah sebelumnya mengalami ketakutan, disamping mulai berani mendekat setelah menjauh.

Tidak berapa lama, pemiliknya pun segera mengenalinya ketika ia memperhatikan harimau itu dengan seksama. Lalu pemiliknya segera menarik lehernya dan segera mendaratkan pukulan padanya dengan tongkat yang dibawanya karena ia telah menyebabkan keonaran di perkampungan tersebut hingga membuat seluruh warganya ketakutan selama beberapa lama. Kemudian pemilik keledai segera menggiringnya ke kandangnya seraya berkata kepadanya dengan penuh ejekan, “Ayo, bawalah kayu ini. Aku telah mengenalmu melalui suaramu wahai keledai.!!

Betapa banyak orang-orang seperti keledai yang memakai baju harimau, hingga kemudian tidak dapat berkutik ketika tipu dayanya terbongkar.

Blog, Updated at: 2:43 AM

0 comments:

Post a Comment

Komentarlah dengan bijak :-)